Mengetahui Unsur dan Tips Dalam Pembuatan Surat Kuasa

October 17, 2020 by No Comments

Surat kuasa termasuk salah satu jenis surat resmi yang bertujuan secara umum untuk menyampaikan informasi ataupun pesan pada orang lain bahwa seseorang memberikan wewenang tertentu pada orang lain. Contoh surat ini banyak digunakan oleh seseorang maupun instansi yang berhalangan melakukan sesuatu kemudian meminta pihak lain untuk melaksanakannya. Surat kuasa ini juga dibuat menggunakan materai untuk memberikan ikatan berdasar hukum.

https://www.suratresmi.net/

Unsur dalam Surat Kuasa dan Tips yang Bisa Anda Terapkan

Surat kuasa yang bisa saja berkaitan dengan hal-hal penting dan bernilai sudah sewajarnya dibuat dengan pemikiran mendalam. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan wewenang atau kuasa yang kemudian memicu hal yang tak diharapkan. Untuk itu, dalam contoh surat kuasa umumnya memuat beberapa unsur untuk memudahkan pembuatannya. Unsur ini meliputi;

  • Judul yang menjelaskan bahwa dokumen tersebut adalah sebuah surat kuasa
  • Paragraf pembuka yang biasanya berisi kalimat yang memuat keterangan waktu
  • Bagian isi yang memuat identitas pemberi serta penerima kuasa
  • Jenis pemberian kuasa
  • Hal yang dikuasakan
  • Klausul hak retensi
  • Klausul pemberian hak subtitusi
  • Paragraf penutup
  • Tanda tangan setiap pihak terkait di atas materai serta cap jempol

Selain halnya menggunakan pedoman unsur-unsur surat kuasa di atas, ada beberapa tips yang juga penting untuk Anda ketahui dalam pembuatan surat tersebut. Tentu saja agar penyampaian surat tersebut jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Pastikan bahwa pelimpahan wewenang tersebut memiliki tujuan, isi, maksud dengan nama-nama pihak yang bersangkutan tercantum secara tegas dan jelas.

Format penulisan surat kuasa juga penting untuk diperhatikan meliputi identitas pemberi dan penerima kuasa mulai dari nama terang, tempat tanggal lahir, alamat dan nomor KTP/SIM. Jelaskan pula batasan wewenang yang ingin diberikan dengan jelas meliputi hal apa saja ataupun batas waktu pemberian wewenang.

Tambahkan materai Rp 6.000 yang kemudian ditempel pada kolom tanda tangan. Dalam hal ini, materai ditempel di kolom penerima apabila surat kuasa dipegang oleh pemberi dan sebaliknya. Pemberian materai ini bertujuan agar surat kuasa tersebut memiliki kekuatan di mata hukum sehingga dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya.

Demikianlah cara menyusun surat kuasa beserta tips yang bisa Anda pergunakan. Anda dapat mencari referensi contoh surat kuasa kemudian menyesuaikan redaksinya berdasar kebutuhan. Selain itu, tak ada salahnya untuk mengonsultasikan isi surat kuasa tersebut kepada orang yang ahli di bidang hukum agar lebih proporsional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *